Form WhatsApp

5 Teknik Massage

shape image

5 Teknik Massage

5 Teknik Massage

Massage atau pijat adalah suatu gerakan di jaringan lunak tubuh yang bertujuan untuk merilekskan tubuh. Pijat standar biasanya berdurasi antara 30-90 menit tergantung dari nyeri yang dirasakan (Suarsyaf &RW, 2015).

Selain untuk merilekskan tubuh, pijat juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, mencegah insomnia dan lain sebagainya. 

Menurut Balai Pelatihan Kesehatan (2019), ada beberapa metode pijat yang dapat digunakan, yaitu: 
1. Mengusap (efflurage/strocking)
    Gerakan mengusap dilakukan dengan telapak tangan atau pangkal telapak tangan. Gerakan mengusap dilakukan ke seluruh permukaan tubuh. Gerakan ini dilakukan ketika awal dan akhir pijatan bertujuan untuk relaksasi otot dan ujung - ujung syaraf.

2. Meremas (petrisage)
    Gerakan meremas atau memijit bagian tubuh yang berlemak. Ketika meremas terjadi pengosongan dan pengisian pembuluh darah Vena dan limfe.

3. Menekan (friction)
    Gerakan melingkar-lingkar kecil yang dilakukan oleh ibu jari, jari telunjuk, jari tengah atau siku tangan. Bertujuan untuk memperlancar aliran darah dan meredakan nyeri pada bagian tubuh.

4. Menggetar atau vibration
    Gerakan menggetarkan bagian tubuh dengan telapak tangan atau jari-jari tangan. Biasanya gerakan menggetarkan dilakukan dengan menekan bagian tubuh dengan telapak tangan lalu digetarkan.

5. Memukul (tapotament)
    Gerakan yang digunakan dengan cara menepuk atau memukul dengan dua tangan dengan tujuan untuk merangsang jaringan otot. Gerkan memukul tidak boleh dilakukan pada bagian tulang yang menonjol dan otot yang nyeri.




Posting Komentar

© Copyright 2019 Risma Massage jogja

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now