Form WhatsApp

shape image

 Pengaruh radiasi ponsel bagi tubuh


Hello ladiesss... Apa kabar nih??? Semoga senantiasa, selalu sehat wal-afiat ya :-):-):-). Pasti kamu ke to the po kenapa aku selalu mendoakan semoga sehat selalu?? karena kemarin badan Risma anget dan pusing aja udah ngga nyaman ladiesss... jadi apapun yang terjadi healthy is a key >.<>.<>.<.

By the way, kemarin-kemarin aku agak sering pusing ladiesss.... ngga tau kenapa??? Semoga bukan karena pengaruh dari radiasi ponsel ya :'(. Baiklah, tadi sore Risma udah sedikit browsing nih ladiesss dampak dari penggunaan ponsel yang berlebihan. Apa aja tuh??? Oke... kita langsung bahas bahayanya ladiesss... :-(:-(:-(

Bahaya yang akan muncul ketika terkena paparan radiasi ponsel adalah gangguan otak. Mengapa??? Karena ponsel memancarkan gelombang radiasi elektromagnetik yang dapat bepengaruh pada kesehatan tubuh kita. Mungkin banyak yang bertanya-tanya seperti apa sih radiasinya? Kalo kita lagi telponan, biasanya hape ditaruh telinga kan ladiesss, nah energi panas yang dihasilkan oleh ponsel ke telinga kita bila dilakukan terus-menerus bisa berakibat buruk ladiesss. Beberapa penelitian yang dilakukan di Universitas Lund (Swedia) menunjukkan bahwa ada perubahan struktur protein pada tikus yang terpapar oleh radiasi ponsel. 

Selanjutnya, penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan di Cleveland, Mumbai dan New Orleans mengatakan bahwa radiasi gelombang elektromagnetik pada ponsel dapat mempengaruhi alat reproduksi. Penelitian ini dilakukan dengan partisipan sebanyak 364 pria yang dibagi dalam 3 kelompok. Penelitian lain mengungkapkan bahwa radiasi elektromagnetik ponsel dapat mempengaruhi produksi sperma dan kemandulan (Idayati, 2011)

Selain itu, sinar biru yang ada pada ponsel dapat mengganggu siklus tidur-bangun (circadian) pada tubuh. Hal ini terjadi karena pada malam hari tubuh menghasilkan hormon melatonin yang berperan dalam mengatur pola tidur. Ketika saatnya tidur kita masih memegang ponsel, mata menjadi tidak sensitif karena ponsel menghasilkan sinar biru yang membuat mata tetap terjaga dan mengakibatkan gangguan tidur atau insomnia ladiesss. :'(:'(.

Tuh kan dampaknya agak bikin merinding ya ladiesss nah gimana nih caranya supaya kita tetep bisa menjaga produktivitas tapi tetap sehat???? Ada beberapa cara yaitu:

1. Ketika tidur malam usahakan untuk mengaktifkan mode pesawat atau mematikan sinyal internet untuk sementara waktu.

2.Mencari aktifitas outdoor seperti olahraga yang dapat mengalihkan fokus dari bermain ponsel secara berlebihan.

3. Meletakkan hape di tas, bukan di saku atau celana saat berpergian.

4. Usahakan ketika tidur, letakkan ponsel jauh dari jangkauan kita, contohnya di meja.

Nah ladiesss... itu dulu ya beberapa tips pemakaian ponsel agar terhindar dari radiasi sinar elektromagnetik. Buat kamu yang mau nanya-nanya boleh klik link di bawah ya. Keep healthy, stay young :-):-):-).


Sumber: Ratna Idayati, Jurnal kedokteran Syiah Kuala Vol(11),2 Tahun 2011

Posting Komentar

© Copyright 2019 Risma Massage jogja

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now